Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Universitas Imelda Medan

Authors

  • Kharunnisa Kharunnisa Universitas Imelda Medan Author
  • Elvika Rahmi Universitas Imelda Medan Author
  • Ika Yusnita Sari Universitas Imelda Medan Author
  • Astrida N Marpaung Universitas Imelda Medan Author
  • Maristella J Lumbanbatu Universitas Imelda Medan Author

Keywords:

Teknologi Komputer, Efektivitas Pembelajaran, E-learning, Multimedia Pendidikan, Pelatihan Dosen, Literasi Digital

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di Universitas Imelda Medan, yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi komputer di Universitas Imelda Medan. Populasi dalam kegiatan pengabdian ini adalah seluruh dosen dan mahasiswa aktif di Universitas Imelda Medan yang terlibat atau berpotensi menggunakan teknologi komputer dalam proses pembelajaran. Sampel dalam pengabdian ini berjumlah 140 orang, terdiri dari dosen dan mahasiswa. Dengan pendekatan partisipatif dan metode survei kuantitatif, program ini mencakup pelatihan penggunaan platform e-learning, pengembangan materi pembelajaran berbasis multimedia, dan pendampingan implementasi teknologi dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi komputer secara signifikan meningkatkan motivasi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran, sekaligus mendukung dosen dalam menyampaikan materi secara lebih interaktif. Sebanyak 85% mahasiswa melaporkan peningkatan motivasi, dan 75% dosen merasa teknologi membantu meningkatkan pengajaran mereka. Namun, masih terdapat beberapa tantangan, termasuk keterbatasan fasilitas dan kurangnya pelatihan berkelanjutan. Oleh karena itu, dukungan kelembagaan diperlukan dalam bentuk pengembangan infrastruktur dan pelatihan literasi digital berkelanjutan bagi dosen untuk memastikan integrasi teknologi yang berkelanjutan dan optimal dalam sistem pembelajaran perguruan tinggi. Penggunaan perangkat digital dalam pendidikan generasi muda juga diperlukan untuk mempersiapkan mereka menghadapi peluang masa depan di dunia yang berbasis visual.

References

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Dewi, A. O. P. (2020). Big Data di Perpustakaan dengan Memanfaatkan Data Mining. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 223–230. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.223-230

Munir. (2017). Pembelajaran Digital: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

N., A. P., & M. P., Dr. (2023). Pendekatan pertumbuhan pola sering berbasis memori terbatas dengan jaringan syaraf tiruan dan pohon keputusan untuk prediksi kecelakaan lalu lintas. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknik India, 11(5), 623–633.

Sari, I. Y., Rahmi, E., Marpaung, A. N., & Maristella, J. (2024). The Influence of Computer Technology in Improving Learning Effectiveness at Imelda University Medan. 06(03), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.54209/jatilima.v6i03.1179

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-17